DOSEN PENDIDIKAN KIMIA FKIP USK LAKUKAN PENGABDIAN DI SMAKON BANDA ACEH

Banda Aceh – Pada abad 21 ini, pendidikan mendapat tantangan untuk meningkatkan kreaktifitas, kearifan dan kebersamaan sumber daya manusia. Pemerintah merancang pembelajaran abad 21 melalui kurikulum 2013, yang berpusat pada siswa. Di sekolah formal pembelajaran di haruskan untuk menerapkan kemampuan 4 C yaitu Critical Thinking, Comunication, Collaboration dan Creativity. Guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran seperti lembar kerja […]

Read More

PENGABDIAN MAYARAKAT: PEMBUATAN  MIE SEHAT BERBAHAN SAYURAN DI MAN 3 TAKENGON

Berdasarkan berita yang dimuat bahwa banyak kasus stunting di Aceh,  salah satunya di Kabupaten Aceh Tengah. Dosen Prodi Pendidikan Kimia yang juga mengampu mata kuliah kimia bahan pangan, kolokium dan kimia terapan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan pencegahan stunting. Kegiatan pengabdian masyarakat difokuskan kepada guru-guru MAN 3 Takengon karena di Sekolah tersebut terdapat […]

Read More

Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP USK berkolaborasi dengan Natural Aceh Food melakukan Produksi Serbuk Limbah Cangkang Tiram di Desa Alue Naga

Pengabdian masyarakat yang dilakukan tim pengabdi dari FKIP Kimia dengan tema “Produksi serbuk tiram di Desa Alue Naga untuk meningkatkan nilai ekonomis dan mengurangi dampak lingkungan” pengabdian ini diketuai oleh Kana Puspita, S.Pd., M.Si. P  (FKIP Kimia) dan beranggotakan Fitria Herliana, S.Pd., M.Pd. (FKIP Fisika)  Zahra Amalia, S.T., M.Eng. (Fak teknik Sipil) Pengabdian ini dilakukan atas landasan kerisauan tim peneliti saat […]

Read More

Jurusan Pendidikan Kimia bekerjasama dengan LP3M USK Mengundang Pakar “case method” Clyde Freeman Herreid dari University at Buffalo, SUNY, USA

Seiring dengan tuntutan dunia Pendidikan saat ini agar mampu menghasilkan lulusan yang dapat bersaing secara global. Dosen dalam melakukan perkuliahan harus mampu membentuk kebiasaan mahasiswa yang memiliki wawasan yang luas mampu berpikir tingkat tinggi, kreatif, dan inovatif. Model dan metode pembelajaran yang dilakukan dosen harus dapat mendorong mahasiswa agar mampu memecahkan berbagai permasalahan. Metode yang […]

Read More