Seiring dengan tuntutan dunia Pendidikan saat ini agar mampu menghasilkan lulusan yang dapat bersaing secara global. Dosen dalam melakukan perkuliahan harus mampu membentuk kebiasaan mahasiswa yang memiliki wawasan yang luas mampu berpikir tingkat tinggi, kreatif, dan inovatif.
Model dan metode pembelajaran yang dilakukan dosen harus dapat mendorong mahasiswa agar mampu memecahkan berbagai permasalahan. Metode yang cocok adalah pembelajaran pemecahan kasus (case method), sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2021 bahwa kriteria metode pembelajaran di dalam kelas harus menggunakan salah satu atau kombinasi dari metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project).
Upaya meningkatkan kualitas perkuliahan melalui pemecahan kasus tersebut dapat berhasil dengan baik apabila didukung oleh tenaga dosen yang memiliki wawasan dan kemampuan dalam mengimplementasikan (case method). Sehubungan dengan hal ini, Program studi Pendidikan kimia bekerja sama dengan LP3M mengundang pakar case method Clyde Freeman Herreid dari University at Buffalo, SUNY, USA untuk memberikan pencerahan terkait dengan pelaksanaan perkuliahan dengan metode case method.
Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui zoom cloud meeting pada tanggal 29 November 2021 dengan Jumlah peserta 45 orang, peserta yang ikut tidak hanya dosen dari Jurusan Pendidikan Kimia saja akan tetapi juga dari jurusan lain dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.